Translate

1 Jan 2013

KEBUN BINATANG RAGUNAN URUS SATWA BUKAN SAMPAH ..: Refleksi Awal Tahun



Pihak Kebun Binatang Ragunan sudah mengerahkan 100 orang yang mulai kerja tanggal 1 Januari pukul 17.00 WIB untuk menyapu kebun seluas 130 ha, yang dikunjungi oleh lebih dari 100.000 pengunjung yang merayakan libur tahun baru. Bayangkan, satu orang harus menyapu lebih dari satu ha. Sampai pagi 2 Januari 2013 pukul 06.30 kondisi kebun binatang Ragunan masih berselimut sampah.



Memasuki Kebun Binatang Ragunan pagi hari tanggal 2 Januari  2013 seusai pesta tahun baru apa yang terlihat? Luar biasa…..begitu masuk pintu gerbang…aroma dan pemandangan tak enak langsung menyergap. Begitu masuk ke dalamnya, ampiun deh….tak satu pun tempat terbuka dan jalan dapat selamat dari sampah. Mau menyalahkan petugas kebersihan? No man…..

Adakah yang mau membantu Pihak Kebun Binatang Ragunan, misalnya, mengajak pengunjung mengumpulkan sampahnya sendiri, lalu dilakukan lomba pengumpul sampah sebagai bagian dari acara hiburan di lokasi tersebut....? Pihak Kebun Binatang Ragunan keahliannya Cuma untuk merawat binatang, mendidik binatang bukan mengurus sampah...apalagi mendidik manusia untuk membuang sampah...no man.....

Kalau lihat begini, kita kan malu sendiri yaaa, masa urusan sampah diri sendiri orang yang harus memungutnya.  Tanggung jawab kita atas sampah kita sendiri dibuang ke orang lain....no man. Kejadian seperti ini terjadi di seluruh event apa pun di negeri ini.....akhir sebuah pesta ....sampah....

Hanya sedikit LSM yang rajin berteriak soal lingkungan utamanya untuk mengubah kebiasaan ini, karena tak ada funding nya. Padahal, sampah sudah menjadi isu besar di negeri ini dan membuat malu bangsa Indonesia.

Jakarta, 2 Januari 2013






Tidak ada komentar:

Posting Komentar