Translate

9 Feb 2013

SANINTEN, RAMBUTAN MAHAL DI LUAR NEGERI


Buah Saninten sering disebut rambutan hutan. Buahnya memang mirip rambutan.Susunan rambut pada buah Saninten yang masih muda tersusun lebih lebat, lebih tebal dan lebih tajam daripada buah rambutan biasa. Rambutnya tajam.Susunan buah bagian dalamnya pun mirip rambutan. Tetapi, Saninten ini yang dimakan adalah bijinya karena gurih terutama bila disangrai terlebih dahulu dan di luar neeri harganya muahhhalll



Di berbagai negara buah Saninten digemari karena rasa bijinya yang manis sehingga menjadi camilan mahal. Karena kegurihannya itu, Saninten  dikenal sebagai sweet chestnut yang dijual dengan harga bagus. Menurut situs www.dbento.com/2011/03/saninten-chestnut-panggang.html, di Kota Aachen, Jerman, penjaja biasa menjual camilan sweet chestnut panggang seharga 1-2 euro (sekitar Rp 12.000-Rp 24.000) per 8 buah. Pohonnya juga bernilai ekonomi yang bersaing untuk bahan-bahan furniture.


Warga Jakarta dapat menjumpai Saninten ini di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Kebun Raya Cibodas atau juga di taman wisata Telaga Warna, Kabupaten Bogor di ketinggian sekitar 1.400 di atas permukaan laut. Menuju lokasi ini tidaklah sulit. Tetapi, untuk mendapatkan buah Saninten di kawasan ini bukanlah perkara mudah.

Apa pasal ? Buah Saninten ini "jual mahal" dalam berbuah. Menurut Bapak Ali (44), petugas jaga taman wisata Telaga Warna,  mengisahkan. "Saninten ini berbuah dua tahun sekali. Kalaupun berbuah setiap tahun biasanya berseling setahun buahnya kosong, setahun kemudian baru berisi buahnya," jelas pria  yang fasih sekali melafalkan nama latin Saninten Catanopsis Argentea yang banyak tumbuh di sekitar Telaga Warna, Cipanas BogorMasih dengan semangat memberikan informasi, ia juga menjelaskan bahwa tahun 2013 ini buah Saninten bukanlah buah kopong. Hayo berkunjung saja ke Telaga Warna di bulan Maret 2013 hingga menjelang musim hujan habis....kita nikmati camilan Saninten," ajak Bapak Ali bersungguh-sungguh.

Saninten ini  punya nama latin Catanopsis Argentea, Catanopsis Acuminatissima, Catanopsis Javanica, Catanopsis Tungurrut, dan Catanopsis sp.

Kebun Raya Cibodas telah  melakukan penanaman stek. Di sni Anda juga dapat belajar cara melakukan stek Saninten yang baik. Maklum Saninten adalah kekayaan vegetasi kawasan Gunung Gede dan Pangrango. Masyarakat juga menggemari buahnya, sehingga selalu  habis dikonsumsi warga dan tak dijumpai di pasar-pasar.

Anda yang berminat berkebun Saninten dapat menghubungi Kebun Raya Cibodas, UPT Balai Konservasi Tumbuhan , Jl Kebun Raya Cibodas , PO BOX 19  Sindang Jaya , Cipanas, Cianjur 43253, Jawa Barat. Indonesia, email : Jasinkrc@yahoo.com.


 (Helsi Dinafitri)



.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar