Translate

22 Jul 2013

EMAS MURNI MAHKOTA KERAJAAN GOWA


SALOKOA, adalah mahkota kerajaan Gowa terbuat dari emas murni dan 250 butir berlian seberat 1.768 gram
FOTO BY: HELSI DINAFITRI 

Aku pikir emas murni pastilah berkilauan menyilaukan mata. Tetapi, di Museum BALA LAMPOA, kusaksikan emas murni, mahkota para raja Gowa, justru tidak.Kiranya, teknologi pengolahan emas pada ABAD ke 13  saat RATU GOWA I , TUMANURUNGA mengenakannya masih sederhana, sehingga pengolahan emas saat itu masih menyisakan gradasi warna gelap,  meski tetap memancarkan warna kuning emasnya. 


Mahkota yang disebut juga dengan Salokoa ini dikenakan secara turun-temurun ketika seorang putra mahkota dinobatkan menjadi raja Gowa, dari Ratu Gowa I hingga Raja Gowa ke 36. Mahkota emas ini berhiaskan butiran 250 butir berlian yang masih tetap berkilau hingga sekarang. 

Museum Bala Lampoa (rumah Besar) berlokasi di Jl Andi Mallombasang, sekitar 15 km selatan Kota Massar, Kabupaten Gowa, merupakan Istana Kerajaan Gowa yang dibangun tahun 1905. Salah satu raja yang terkenal dari Kerajaan Gowa ini adalah Sultan Hasanuddin. 

Konon, Ratu Tumanurunga -yang dikenal awalnya bernama Manurung. Ia tampil di tengah masyarakat dengan mengenakan Mahkota Salokoa. Ia terlihat oleh masyarakat turun begitu saja dari langit sehingga disebut dengan Manurung.

SENSASI MENGENAKAN BAJU BODO
FOTO BY : HELSI DINAFITRI 
Di museum ini, Anda dapat menikmati sensasi mengenakan Baju Bodo bersama pasangan atau keluarga Anda. Yuuuhooooooo 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar