Translate

31 Mar 2013

MAKASSAR, TEMPAT –TEMPAT MAKAN ENAK

Mengenal Makassar tak lugas tanpa mengeksplorasi Kuliner Makassar. Anda yang akan atau sedang melancong ke Kota Makassar tak usah khawatir karena di sini tersedia tempat-tempat makan enak Kota Makassar. Tulisan ini mengetengahkan berbagai tempat makan yang direkomendasikan oleh warga Makassar sendiri.

Buat ku, sambal Makassar itu sungguh beraneka macam dan semuanya enak. Aku tak pernah sebelumnya menikmati sambal kacang, juga sambal tomat ijo disajikan untuk menyantap ikan baronang bakar seperti yang disajikan oleh RM Paotere, Jl Sabutung no 46 Makassar (Telepon: 0411-326366)

Ada lagi yang membuat aku merasa benar-benar menjejak di Makassar, yaitu ada sayur yang disebut warga dengan Sayur Santan. Tampilan fisiknya seperti lodeh Jawa, tetapi aku tak habis pikir cita rasanya berbeda sekali...itulah cita rasa Makassar barangkali...

Rumah makan ini menata menu di atas piring-piring melamin polos yang tak seragam warnanya. Meski demikian,  Presiden RI,  SBY pernah makan di tempat ini juga. Dengan sajian itu semua plus minuman ringan, makan bertiga imbalannya  Rp 145.000. 

Baronang Bakar, Sayur Santan dan Ragam Sambal di RM Poutere
(dok: Helsi Dinafitri)


Di Makasar, aku punya teman jurnalis-budayawan yang jago masak. Namanya Asdar Muis. Maka, ketika Asdar merekomendasikanku untuk makan di Resto Kuali, maka aku percaya 100% resto itu enak. Maka pukul 19.30 WITA, 7 Maret 2013, aku, suami,  Bung Tasman meluncur ke restoran Mie Kuali Jl. Veteran Selatan, Makassar

Tak ada dari kami yang mau pesan selain mie kuali, meski di daftar menu tertera menu menggoda seperti mie kering atau mie keriting, bihun goreng, nasi goreng, nasi goreng merah dan lain lain. Mie Kuali tampilan fisiknya mirip ifumie, tapi cita rasanya beda...rasa Makassar...hehehe... Mie kuali menjadi menu andalan resto ini. Mie kuali ini mienya dibakar dulu baru disiram kuah seafood. Tandas tak bersisa, piringku kosong dalam sekejap sampai-sampai aku susah minum, juga susah berdiri dah penuh perutnya. Bertiga makan imbalannya Rp 77.000,-

MIE KUALI  (dok: helsi dinafitri)
MIE KUALI  (dok: helsi dinafitri)


Daftar Menu Reso Mie Kuali  (Dok:Helsi Dinafitri) 
Mie Kuali Tandas di piringku
(Dok: Helsi Dinafitri)


Banyak sekali tempat makan enak di Kota Makassar. Sohibku, juga jurnalis asal kota ini, Syahrir Rasyid merekomendasikan kami untuk makan ikan bakar Lae Lae di Jl Datu Museng, atau di Ikan Bakar DG Masale di Jl Irian, atau Ikan Bakar +Sop Saudara juga di Jl. Irian. Kalau mau menu kepala ikan yang enak rekomendasi Bung Syahrir adalah Kepala Ikan Mappanyukki di Jl Mappanyuki.


Kalau Anda alergi seafood atau ikan laut, jangan khawatir, di kota ini banyak tersedia menu ayam atau daging. Ayam Goreng Sulawesi dapat Anda nikmati di Jl Somba Opu, dekat Losari,  ANda juga bisa menikmati menu Coto Makassar yang bertebaran di pelosok kota. Tetapi, Anda boleh coba menu Coto Nusantara di Jl Nusantara yang biasa ramai dikunjungi saat jam makan tiba. 

Resto Nusantara menu coto
(dok:Helsi Dinafitri)


Resto Nusantara saat makan siang (Dok:Helsi Dinafitri)
Bila Anda ingin menu-menu khusus seperti Pallu Kalloa Anda bisa singgah di Restoran Pallu Kalloa Jl Tentara Pelajar no 66-68. Menu Pallu Bassa yang enak di Jl Srigala atau di Jl Gagak. 

Makassar juga tak lepas dari minumannya yang bikin kangen seperti Pallu Butung yang dapat Anda nikmati di Jl Andalas, menu Pisang Ijo ada di foodcourt murah meriah hadap pantai Losari. Di Losari ini pula Anda bisa menikmati Pisang Epe berkinca durian ala  Makassar Goldel Hotel.


PIsang Ijo (Dok:Helsi Dinafitri)



Pisang Epe Makassar Golden Hotel
(Dok: Helsi Dinafitri) 

Nah, itulah tempat-tempat makan enak di Kota Makassar. Bila anda mencari oleh-oleh dan cendera mata  Makassar, Anda dapat menyusuri kawasan pecinan Jl Somba Opu, dekat Losari. Di sini tersedia toko-toko cendera mata mulai dari penganan, kerajinan tangan, insektorium mini kupu-kupu Bantimurung, tas-tas dan dompet songket berharga Rp 20.000-Rp 60.000, serta kaus-kaus lumayan halus seharga Rp 30.000-Rp 40.000 per potong. Kalau anda mau membawa ikan asin Anda dapat memperolehnya di kawasan objek wisata pantai Poutere. 

Have enjoy Kuliner Makassar dari perut turun ke hati......


Helsi Dinafitri (www.Pitoktie.Blogspot.com/Pitoktie@gmail.com).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar