Translate

17 Mei 2013

PENGERTIAN KEBIJAKAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN


KETIKA perusahaan membuat pernyataan resmi kepada pihak eksternal (ke luar) maka pada saat yang sama pihak internal (dalam) perusahaan tersebut saling berkerjasama saling berkoordinasi all out sehingga pernyataan tersebut adalah benar adanya. Itulah mengapa penting Corporate Communication Policy

 


Dalam kehidupan sehai-hari, barangkali Anda pernah menyaksikan promosi penjualan rumah yang menggebu-gebu apalagi rumah tersebut dibangun oleh developer yang mengkalim sebagai Terdepan dalam Kualitas. Anda pun membeli karena yakin akan kualitas perusahaan pembangun rumah tersebut. Tetapi, setelah dua tiga tahun berlalu Anda pun menemui kenyataan bangunan rusak di sana sini, serta ternyata, banyak spek tidak sesuai  kelasnya. Tentu Anda kecewa dan menerima nasib dibohongi oleh developer. Kenyataannya, perusahaan tersebut telah gagal mengelola vendor-vendor suplier bangunan karena bagian pengawasan tidak menerapkan standar kualitas bahan bangunan. Ini sekedar contoh bahwa apa yang diucapkan oleh perusahaan ke pihak luar bertentangan dengan yang dilakukan oleh pihak internal.

Komunikasi adalah tidak hanya melibatkan kata-kata, tetapi juga komitmen luar biasa yang keluar dari jiwa kita (soul). Komitmen  tidak bisa hanya urusan juru bicara perusahaan, tetapi menjadi urusan seluruh karyawan, yang semuanya akan merefleksikan komitmen dan soul perusahaan tersebut.

Komunikasi dalam sebuah perusahaan merupakan tanggungjawab bersama yang melibatkan seluruh petugas dari beragam level seperti manajer penjualan manajer distribusi, manajer produk, para analis sistem, para spesialis, para ahli teknologi  informasi, para petugas layanan pelanggan, hingga para vendor yang digunakan oleh perusahaan. Semuanya harus terkoordinasikan.

Bayangkan bila sebuah perusahaan kesehatan resepsionisnya setiap hari  menaruh sampah kulit jeruk di atas tumpukan kertas di meja kerjanya. Hal ini tentu menohok prioritas dan tema kesehatan yang disebarluaskan oleh perusahaannya. Oleh karena itu, koordinasi dan kerjasama semua pihak sangatlah penting agar apa yang menjadi prioritas oleh perusahaan dapat dikomunikasikan kepada publik luar serta publik internal.

Bila kita mengatakan bahwa perusahaan kita adalah perusahaan yang terdepan dalam melayani pelanggan, maka tidak boleh ada karyawan yang menggebrak meja ketika menghadapi pelanggan. Tidak ada karyawan yang membawa mobil berlogo perusahaan secara ugal-ugalan , atau bahkan membiarkan pelanggan kesulitan mencari parkir karena lahan parkir di kantor penuh oleh kendaraan dinas. Tindakan-tindakan ini juga akan menohok apa yang menjadi prioritas perusahaan terhadap pelanggannya.

PENGERTIAN

Kebijakan Komunikasi Perusahaan merupakan acuan bersama dalam melakukan aktivitas komunikasi ke luar maupun ke dalam, agar memberi dampak positif secara eksternal maupun internal.  Peran komunikasi akan lebih terarah dengan adanya Kebijakan komunikasi perusahaan yang ditetapkan oleh direksi dan manajemen perusahaan dan kemudian dievaluasi pelaksanaannya.

Kebijakan komunikasi perusahaan menetapkan antara lain tujuan aktivitas komunikasi secara keseluruhan, tujuan komunikasi external dan internalnya,  menegaskan pembagian tanggungjawab komunikasi eksternal dan internal, koordinasinya, komunikasi dalam kondisi krisis, juga memuat panduan-panduan (misalnya panduan communication & marketing branding, investor relations, sponsorship, internal communication, social media -fb, twitter, linkedin, youtube), dll.

Tidak boleh ada pertentangan antara yang diucapkan oleh perusahaan kepada pihak luar dan apa yang dilakukan oleh internal perusahaan. Seperti juga manusia yang senantiasa dituntut sama antara kata dan perbuatannya, beigtu juga perusahaan harus sama antara kata dan perbuatannya. Itulah mengapa diperlukan Kebijakan Komunikasi Perusahaan. 

Banyak perusahaan membentuk Komite Komunikasi untuk mendukung pelaksanaan Kebijakan Komunikasi Perusahaannya. Komite ini diatur komposisinya, tujuan dan otoritasnya. Selain adanya komite tersebut, pelaksanaan kebijakan komunikasi perusahaan juga menghendaki komitmen perusahaan untuk mengintegrasikan komunikasi ke dalam proses dan prosedur manajemen perusahaan dengan alur kerja yang jelas antara komunikasi dan fungsi-fungsi inti dalam perusahaan.

(Helsi Dinafitri/dari berbagai sumber)

Sumber:

http://tbs-sct.gc.ca/pol/doc-eng.aspx?id=12316&section=text
http://www.topcafirms.com/index.php/white-paper/5263-corporate-communication-effective-tool-for-image-building
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:kN3XYGOPfhQJ:www.swedishmatch.com/Documents/Policies/CorporateCommunicationsPolicy_EN.pdf+&cd=1&hl=en&ct=clnk&client=firefox-a
http://www.nutrapharma.com/corporate_overview/corporate_communications_policy.php




Tidak ada komentar:

Posting Komentar